Bekerja Sambil Bersiul

"Carilah pekerjaan dari hobimu, maka kamu akan menyukai pekerjaanmu seumur hidup." Pepatah ini terngiang kembali selepas saya diwawancarai oleh Metro TV untuk program I Witness. Ada empat video klip karya saya yang pernah ditayangkan oleh stasiun televisi berita ini. Itu sebabnya, mereka ingin membuat liputan singkat tentang proses pembuatannya.

Saya menekuni dunia videografi ini berangkat dari kesenangan saja. Lama-kelamaan, hobi ini ternyata mendatangkan uang. Selain itu, semakin banyak orang mulai memakai jasa saya di bidang video dan multimedia. Saya melayaninya dengan senang hati karena pada dasarnya saya menyukai aktivitas ini.
“Biarpun ia hidup dua kali seribu tahun, kalau ia tidak menikmati kesenangan: bukankah segala sesuatu menuju satu tempat?” (Pengkhotbah 6:6)

Pengkhotbah mengungkapkan apa artinya umur panjang, jika seseorang tidak menikmati hidupnya, sebab ujung dari semua itu adalah kematian. Berapa lama Anda telah bekerja selama ini? Apakah Anda menikmati pekerjaan Anda saat ini? Semoga jawabannya adalah "ya".

Akan tetapi jika Anda menjawab "tidak", renungkanlah hal ini: Anda tidak mungkin mengulang kembali kehidupan Anda. Alangkah sayangnya jika Anda menghabiskan umur Anda dengan pekerjaan yang tidak Anda sukai.

Lalu apa yang harus Anda lakukan? Anda harus mencari pekerjaan yang membuat Anda bergairah dan bisa menikmatinya. Tapi bukankah untuk mencari pekerjaan itu tidak mudah? Bagaimana jika kita terpaksa harus menerima pekerjaan yang kurang kita sukai karena tidak ada pilihan lain? Jika Anda tidak bisa mengubah pekerjaan Anda, maka Anda dapat mengubah sikap Anda terhadap pekerjaan Anda. Anda dapat bekerja dengan bersiul [Purnawan].

SMS from God: Carilah pekerjaan yang membuat "hidup Anda menjadi lebih hidup." Tekunilah itu dengan sungguh-sungguh.

Komentar

Postingan Populer