KURBAN PENEBUSAN DOSA




Ada sebuah bangsa yang kala itu sedang mengembara di padang gurun. Setiap tahun mereka punya tradisi mengurbankan hewan sebagai penebusan dosa. Mereka menyiapkan dua ekor kambing jantan. Lalu mereka mengundi kambing mana yang harus disembelih sebagai kurban.
Sebelum disembelih, sang imam melakukan ritual untuk 'mengalihkan' dosa seluruh umat kepada hewan yang kena undi ini. Setelah disembelih, sebagian tubuh kambing dibakar di atas mezbah. Sedangkan sisanya menjadi milik imam dan keluarganya.
Sementara itu, kambing satunya, yang lebih beruntung, juga dibawa ke hadapan seluruh umat. Mereka mengadakan ritual untuk memindahkan dosa dan kesalahan manusia kepada kambing ini. Selanjutnya, kambing 'yang berdosa' ini digiring ke luar dari perkemahan untuk selanjutnya diusir jauh-jauh ke padang gurun. Konon dari ritual ini lalu muncul istilah 'escaped goat' atau kalau di Indonesia disebut kambing hitam.

Bangsa itu sekarang menjadi bangsa Israel. Nah, kalau kamu tidak mau menyerupai sebuah kaum (Yahudi/Israel), maka kalau melakukan kesalahan, hadapilah dengan kesatria, sebab jika kamu mengalihkan kesalahan kepada kambing hitam, maka kamu sudah menyerupai kaum Yahudi.

Komentar

Postingan Populer